Thursday 8 October 2015

Cara membuat kopra putih dengan oven

Kopra putih merupakan komoditi export yang telah ada sejak lama, kebanyakan di export ke india, namun sekarang sudah menembus pasar eropa. Nilai ekonomisnya sangat baik, harganya yang selalu diatas kopra hitam.
Namun membuat kopra putih dinilai agak rumit karena sebagian besar produsen terbiasa dengan produksi kopra hitam yang sangat mudah dilakukan. Membuat kopra putih ada yang menggunakan sistem jemur matahari dan oven.
Berikut adalah langkah membuat kopra putih dengan menggunakan oven  :
- belah kelapa tua menjadi 2, kelapa yang udah busuk harus dipisah.
- masukkan kelapa yang tadi dibelah beserta batoknya, setelah tersusun semua di dalam oven, nyalakan SULFUR sebagai anti jamurnya. bakar sulfur dengan arang didalam wadah kaleng lalu masukkan ke dalam oven. tutup rapat ovennya. biarkan selama 2 jam.
- lalu nyalakan tungku oven, START Your Engine. hehehe
- Mainkan suhu 60-80C selama 6-8jam, cek kopra apakah udah siap di congkel.
- Kalau kelapanya tua-tua maka akan cepat dan mudah untuk di congkel dari batoknya. Congkel semuanya.
- Lalu kopra yang sudah dicongkel masukkan kembali ke dalam oven. Bakarlah sulfur seperti tadi, lalu nyalakan oven dengan suhu 50-60C selama 18-20 jam. Hingga kadar air mencapai 5%.
- Selesai di panen sortirlah kopra yang kurang matang pisahkan dan packing kopra yang telah lolos QC.
- Simpan di gudang yang lantainya telah dibuatkan palet, jadi kopra tidak langsung kontak dengan lantai agar tidak lembab sehingga cepat menimbulkan jamur.
- Tiap hari sulfurlah ruangan di gudang agar benar-benar steril dari kutu kopra atau serangga lain penyebab jamur.
- Bila anda mengirim kopra putih dengan konteiner, harap diperhatikan kebersihannya, biasakan sulfur sejenak konteinernya.
Produksi Kopra putih dengan oven 



Selamat mencoba, salam sukses.

4 comments: